Strawberry On Top Of Cupcake Dunia Anak Komunikasi: Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi

Minggu, 08 Januari 2012

Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi

"E-COMMERCE"

Tentu anda sudah merasa tidak asing lagi bila mendengar kata e-commerce bukan ? ya, melihat kemajuan teknologi saat ini membuat anda terbiasa menggunakan internet sebagai media informasi atau bahkan berkomunikasi. Banyak sekali informasi yang bisa anda peroleh melalui internet, dari masalah perekonomian, hukum, sosial, kebudayaan, keamanan hingga mungkin hal-hal yang lebih intim lagi. Dan di internet pun anda dapat membuka peluang usaha dengan berdagang, nah dengan cara seperti itulah yang disebut e-commerce. namun bila dilihat dari awal mula nya e-commerce sebenarnya bukan diperuntukkan sebagai kegiatan berbisnis, pada tahun 1970an Amerika membuat suatu penelitian yaitu e-commerce untuk mengawasi kegiatan agensi-agensi militer pemerintahan. Lalu 3thn kemudian penelitian tersebut berkembang hingga ke bidang pendidik, tujuan nya sebagai jaringan antar universitas di Amerika. Dan terus menerus berkembang hingga dipergunakan oleh dunia. sedangkan e-commerce masuk ke Indonesia tahun 1990an, pada saat itu tidak banyak yang mengetahui dan mempergunakan internet untuk kegiatan berbisnis, pertama kalinya yang melakukan e-commerce di Indonesia adalah toko buku, alat elektronik dan komunikasi (handphone). namun tahun 2000an e-commerce menjadi booming bahkan trend di kalangan masyarakat Indonesia hingga barang dagangan yang diperjual-belikan lebih meluas dari pakaian, tas, kosmetik sampai ke perhiasan. dan untuk lebih jelas lagi baiknya anda mengetahui materi seputar e-commerce, berikut adalah teori nya :

A. Definisi E-Commerce 
   E-commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan suatu proses kegiatan bertransaksi bisnis (menjual, membeli, membayar dan mengirim) barang atau informasi yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui peralatan elektronik.

Menurut Kalakota dan Whinston (1997) e-commerce dapat ditinjau dalam 4 perspektif :
1. Perspektif komunikasi, adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
2. Perspektif proses bisnis, adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
3. Perspektif layanan, merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
4. Perspektif online, menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.

B. Jenis-Jenis E-Commerce
Kegiatan E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya :
1. Business to Business, karakteristiknya :
• Trading partners (mitra dagang) yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung formal (seperti member).
• Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang tersedia dan telah disepakati bersama.
• Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
• Model yang umum digunakan adalah peer to peer (saling mengamati), di mana transaksi bisnis dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis (Produsen => Distributor) atau (Produsen => Konsumen)
# contoh : Multi Level Marketing (Oriflame, Shopie Paris)

2. Business to Consumer, karakteristiknya :
• Servis yang digunakan bersifat umum dan terbuka, sehingga informasi disebarkan secara umum yang dapat digunakan oleh orang banyak.
• Pelayanan yang digunakan berdasarkan permintaan.
• Sistim yang sering digunakan ialah pendekatan client-server.
# contoh : online shop, home shop

C. Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
* Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce yaitu dapat lebih efektif dan efisien dalam bertransaksi bisnis untuk meningkatkan keuntungan.
* Sedangkan bagi konsumen yang melakukan transaksi bisnis dengan menggunakan e-commerce agar berbelanja lebih efektif dan efesien, namun selain itu konsumen pun memiliki sensasi kepuasan tersendiri yang berbeda dan tidak di dapat dari bertransaksi bisnis lainnya.

D. Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
a. Ketersediaan serta kelengkapan informasi produk dan harga dapat diakses dengan cepat dan mudah oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
b. Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen :
jarak dan waktu relatif lebih pendek, sehingga perusahaan dapat bertransaksi dengan rekan bisnis dimanapun dan kapanpun dan melayani konsumen lebih cepat.
c. Produsen dapat memilih tempat untuk memproduksi dan melayani konsumen tidak tergantung dimana konsumen itu berada. Dan Perusahaan yang berada di negara yang berpendapatan rendah dapat mengakses informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.
d. Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan logistik secara online dan otomatis.
e. Mengurangi biaya promosi dengan adanya sarana pengiklanan secara gratis melalui online.

E. Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)
Threats merupakan kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan dan merugikan bagi produsen atau konsumen. Beberapa ancaman yang mungkin terjadi :
• Gangguan Hacker (penggunaan online shop)
• Gangguan Cuaca yang berakibat pada signal (penggunaan home shop)
• Penipuan atau Kecurangan oleh pihak yang tidak diketahui identitasnya. 


ok mungkin itu saja yang dapat saya berikan pada anda, jangan lupa komennya yah, trims :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar