Kamis, 13 Desember 2012

Contoh Tugas Laporan Event Organizer


A.    RANGKAIAN KEGIATAN
      Kegiatan Kaderisasi Mahasiswa ini telah berjalan lancar sesuai dengan rencana. Kepanitiaan diambil dari semester enam dan empat sebanyak 15 orang, sedangkan peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 14 orang. Awal nya kami kenakan biaya pendaftaran peserta sebesar Rp. 50.000,- / orang. Namun dengan kepandaian panitian mengepres anggaran perdivisi seminimum mungkin sehingga uang pendaftaran yang sudah terkumpul dikembalikan kepada peserta.
      Sedangkan tempat berlangsungnya acara kami dapatkan dengan tidak mengeluarkan biaya sewa tempat atau gratis, dengan syarat kami harus bersikap baik, bersih dan disiplin (dengan tidak merusak barang yang ada disana). Tempat tersebut kami dapatkan dari teman satu semester yaitu semester 6, karena teman kami tersebut mengenal dekat dengan pemilik Taman Bacaan Masyarakat Rumah Tukik Bandulu Anyer.
      Dalam proses melakukan suatu kegiatan pastilah ada kendala dan kemudahan. Sampai selesainya acara tersebut kami sangat merasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT, namun kendala yang ada kami sikapi dengan bijak dan mencari solusi dari permasalahan yang muncul agar tidak merusak dan mengganggu acara yang akan dilaksanakan. Salah satu kendalanya yang sangat kami rasakan yaitu mengenai penyetujuan anggaran dan tempat berlangsungnya acara ini. Hingga acara ini di undur sampai 2 minggu kedepan, namun pada akhirnya dapat berjalan dengan lancar dan yang paling menyenangkan yaitu kami mampu membuat acara yang menyisakan profit. Dan itu merupakan suatu kebanggaan bagi kami panitia Kaderisasi Mahasiswa.
      Pemateri kami ambil dari mahasiswa STIKOM semester 8 dan 10 yang sedang melakukan penyusunan skripsi. Selain itu juga ada games untuk menjalin kekompakan peserta karena mereka dibagi menjadi 4 kelompok, yang paling beruntung dan kompak mendapatkan hadiah. Dan acara puncak yang paling menegangkan adalah eksekusi peserta yang dimonitoring oleh para alumni STIKOM Wangsa Jaya, eksekusi tersebut seperti penggojlogan agar peserta mempunyai keberanian, kedisiplinan, kritis dan responsive dalam berorganisasi.
 
B.     NAMA KEGIATAN
“Kaderisasi Mahasiswa STIKOM Wangsa Jaya Tahun 2012”

C.    TEMA KEGIATAN
“Transformasi Ideologi Kritis Demi Terbentuknya Kader Yang Aktif, Responsif Dan Berkualitas”

D.    JENIS KEGIATAN
1.      Pemberian Materi, mengenai Kepemimpinan, manajemen organisasi, teknik persidangan, presenter, penulisan naskah, pengenalan kamera, editing, sistem politik, design. Materi tersebut dibawakan oleh senior-senior dari mahasiswa STIKOM dan juga oleh alumni STIKOM.
 2.      Dunia Kreatif, disela-sela waktu setelah pemberian materi agar acara tidak menjadi jenuh maka kami adakan sesi dunia kreatif dengan tujuan mengeksplor minat dan bakan peserta dengan menyesuaikan jurusan yang akan mereka pilih antara lain yaitu Public Relations, Jurnalistik, dan Periklanan. Kegiatan yang harus mereka lakukan adalah bagaimana menjadi seorang humas seperti apa, menjadi presenter dan wartawan seperti apa dan menjadi seorang pekerja periklanan seperti apa. Dan mereka harus mempraktekkannya di depan para peserta lain nya, dan disini juga diadakan penilaian kelompok mana yang paling kompak dalam penampilannya akan diberi hadiah.
3.      Games & Hadiah, tidak hanya dalam sesi dunia kreatif saja terdapat hadiah namun disetiap harinya acara ini disisipkan games yang variatif seperti merangkai puzzle dan masih banyak lagi. Dengan tujuan agar peserta tidak merasa jenuh dan juga melatih kekompakan mereka dalam menyelesaikan games.
4.      Eksekusi Peserta, disini adalah acara puncak yang dimonitoring oleh para alumni dan senior STIKOM. Kegiatan eksekusi dibagi beberapa post yang masing-masing post menanyakan materi-materi yang telah disampaikan seperti apa dan harus dijawab oleh para peserta dengan tegas, disiplin dan jujur. Selain itu sebelum panitia memberi beberapa pertanyaan, para peserta harus mengikuti tindakan seperti berlari mengambil air dengan kedua telapak tangan tanpa bantuan alat apapun yang tujuan akhirnya air tersebut harus memenuhi isi botol dalam waktu yang telah ditentukan. Adapula peserta yang diharuskan bernyanyi dengan suara lantang dan mengenai deburan ombak. Kegiatan eksekusi ini berlangsung pada dini hari tepatnya pukul 02.30 WIB sampai terdengarnya suara adzan subuh.

E.     WAKTU KEGIATAN
                        Hari, Tanggal              : Jum’at, 11 s/d 13 Mei 2012
                        Waktu                         : 14.00 - Selesai WIB
                        Tempat                        : Taman Bacaan Masyarakat Rumah Tukik,
                                                              Bandulu – Anyer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar