Kamis, 13 Desember 2012

Contoh Tugas Laporan Event Organizer


A.    RANGKAIAN KEGIATAN
      Kegiatan Kaderisasi Mahasiswa ini telah berjalan lancar sesuai dengan rencana. Kepanitiaan diambil dari semester enam dan empat sebanyak 15 orang, sedangkan peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 14 orang. Awal nya kami kenakan biaya pendaftaran peserta sebesar Rp. 50.000,- / orang. Namun dengan kepandaian panitian mengepres anggaran perdivisi seminimum mungkin sehingga uang pendaftaran yang sudah terkumpul dikembalikan kepada peserta.
      Sedangkan tempat berlangsungnya acara kami dapatkan dengan tidak mengeluarkan biaya sewa tempat atau gratis, dengan syarat kami harus bersikap baik, bersih dan disiplin (dengan tidak merusak barang yang ada disana). Tempat tersebut kami dapatkan dari teman satu semester yaitu semester 6, karena teman kami tersebut mengenal dekat dengan pemilik Taman Bacaan Masyarakat Rumah Tukik Bandulu Anyer.
      Dalam proses melakukan suatu kegiatan pastilah ada kendala dan kemudahan. Sampai selesainya acara tersebut kami sangat merasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT, namun kendala yang ada kami sikapi dengan bijak dan mencari solusi dari permasalahan yang muncul agar tidak merusak dan mengganggu acara yang akan dilaksanakan. Salah satu kendalanya yang sangat kami rasakan yaitu mengenai penyetujuan anggaran dan tempat berlangsungnya acara ini. Hingga acara ini di undur sampai 2 minggu kedepan, namun pada akhirnya dapat berjalan dengan lancar dan yang paling menyenangkan yaitu kami mampu membuat acara yang menyisakan profit. Dan itu merupakan suatu kebanggaan bagi kami panitia Kaderisasi Mahasiswa.
      Pemateri kami ambil dari mahasiswa STIKOM semester 8 dan 10 yang sedang melakukan penyusunan skripsi. Selain itu juga ada games untuk menjalin kekompakan peserta karena mereka dibagi menjadi 4 kelompok, yang paling beruntung dan kompak mendapatkan hadiah. Dan acara puncak yang paling menegangkan adalah eksekusi peserta yang dimonitoring oleh para alumni STIKOM Wangsa Jaya, eksekusi tersebut seperti penggojlogan agar peserta mempunyai keberanian, kedisiplinan, kritis dan responsive dalam berorganisasi.
 
B.     NAMA KEGIATAN
“Kaderisasi Mahasiswa STIKOM Wangsa Jaya Tahun 2012”

C.    TEMA KEGIATAN
“Transformasi Ideologi Kritis Demi Terbentuknya Kader Yang Aktif, Responsif Dan Berkualitas”

D.    JENIS KEGIATAN
1.      Pemberian Materi, mengenai Kepemimpinan, manajemen organisasi, teknik persidangan, presenter, penulisan naskah, pengenalan kamera, editing, sistem politik, design. Materi tersebut dibawakan oleh senior-senior dari mahasiswa STIKOM dan juga oleh alumni STIKOM.
 2.      Dunia Kreatif, disela-sela waktu setelah pemberian materi agar acara tidak menjadi jenuh maka kami adakan sesi dunia kreatif dengan tujuan mengeksplor minat dan bakan peserta dengan menyesuaikan jurusan yang akan mereka pilih antara lain yaitu Public Relations, Jurnalistik, dan Periklanan. Kegiatan yang harus mereka lakukan adalah bagaimana menjadi seorang humas seperti apa, menjadi presenter dan wartawan seperti apa dan menjadi seorang pekerja periklanan seperti apa. Dan mereka harus mempraktekkannya di depan para peserta lain nya, dan disini juga diadakan penilaian kelompok mana yang paling kompak dalam penampilannya akan diberi hadiah.
3.      Games & Hadiah, tidak hanya dalam sesi dunia kreatif saja terdapat hadiah namun disetiap harinya acara ini disisipkan games yang variatif seperti merangkai puzzle dan masih banyak lagi. Dengan tujuan agar peserta tidak merasa jenuh dan juga melatih kekompakan mereka dalam menyelesaikan games.
4.      Eksekusi Peserta, disini adalah acara puncak yang dimonitoring oleh para alumni dan senior STIKOM. Kegiatan eksekusi dibagi beberapa post yang masing-masing post menanyakan materi-materi yang telah disampaikan seperti apa dan harus dijawab oleh para peserta dengan tegas, disiplin dan jujur. Selain itu sebelum panitia memberi beberapa pertanyaan, para peserta harus mengikuti tindakan seperti berlari mengambil air dengan kedua telapak tangan tanpa bantuan alat apapun yang tujuan akhirnya air tersebut harus memenuhi isi botol dalam waktu yang telah ditentukan. Adapula peserta yang diharuskan bernyanyi dengan suara lantang dan mengenai deburan ombak. Kegiatan eksekusi ini berlangsung pada dini hari tepatnya pukul 02.30 WIB sampai terdengarnya suara adzan subuh.

E.     WAKTU KEGIATAN
                        Hari, Tanggal              : Jum’at, 11 s/d 13 Mei 2012
                        Waktu                         : 14.00 - Selesai WIB
                        Tempat                        : Taman Bacaan Masyarakat Rumah Tukik,
                                                              Bandulu – Anyer

Contoh Membuat Surat Hak Jawab, Mata Kuliah Penulisan Produksi Public Relations


Ø  Berita yang memojokkan Perusahaan :

            Serang, 07/11/2012 salah satu warga RT 05 RW 03, Marni mengalami keracunan setelah memakan masakan di pesta pernikahan tetangganya Ibu Nirna, Penangcangan Kota Serang Banten. Masakan tersebut berasal dari catering MFiY Wedding Organizer yang disewa oleh Ibu Nirna. Korban yang mengeluh sakit perut dan muntah-munta ini langsung dibawa ke puskesmas terdekat. Untuk sementara belum ada penjelasan dari pihak MFiY WO terhadap seputar peristiwa tersebut.

Ø  Surat Hak Jawab dari Perusahaan MFiY Wedding Organizer :

            Harian Radar Banten menerbitkan pemberitaan tanggal 07/11/2012 yang berkaitan langsung dengan perusahaan MFiY Wedding Organizer mengenai salah satu warga Penancangan RT 05 RW 03 yang mengalami keracunan akibat memakan masakan catering MFiY Wedding Organizer. Menanggapi pemberitaan tersebut, saya selaku Presiden Direktur MFiY WO menyampaikan hak jawab ini. “Kami pihak MFiY WO menegaskan bahwa tidak benar bahwa keracunan makanan tersebut diakibatkan oleh masakan catering dari jasa Wedding Organizer kami sebagaimana diberitakan Harian Radar Banten, dan setelah kami menyelidiki peristiwa yang sebenarnya terjadi serta menanyakan kepada petugas puskesmas Penancangan adalah bahwa Ibu Marni memang sedang dalam kondisi yang tidak sehat yang memungkinkan asam lambung meningkat sehingga merasakan mual dan muntah, bukan dikarenakan makanan dari catering kami. Oleh karena itu, Harian Radar Banten bertanggung jawab dan berkewajiban mengklarifikasikan kepada publik atas pemberitaan yang telah menyudutkan nama baik perusahaan MFiY Wedding Organizer. Serta dimuat besok tanggal 08/11/2012 pada halaman dan kolom yang sama disertakan permohonan maaf yang ditujukan pada perusahaan kami dan meminta maaf kepada publik atas pemberitaan yang tidak benar.”

Sabtu, 24 November 2012

Contoh Membuat Kata Pengantar Laporan Kegiatan (KKPK) Kuliah Kerja Praktik Komunikasi

                                                                KATA PENGANTAR

           
            Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

            Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan semesta alam, Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat, rahmat serta karuni-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktik Komunikasi (KKPK) yang berjudul KEGIATAN GEBYAR RAMADHAN 1433 H DI RS. SARI ASIH SERANG SEBAGAI INTERNAL HUMAS ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Sholawat serta salam penulis junjungkan kepada sang revolusioner Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabat beliau yang telah membawa ke zaman yang semakin berkembang saat ini.

            Pembuatan laporan ini bertujuan sebagai bukti telah selasai melaksanakan Kuliah Kerja Praktik Komunikasi (KKPK) serta untuk memenuhi persyaratan tugas KKPK yang diadakan di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Wangsa Jaya Banten (STIKOM WJB) konsentrasi Public Relations. Persyaratan tersebut penulis penuhi pada saat melakukan KKPK di RS. Sari Asih Serang yang berlokasi di Penancangan, Kota Serang – Banten selama kurang lebih 2 (dua) bulan terhitung sejak tanggal 20 Juli 2012 s/d 09 Oktober 2012.

            Hasil laporan KKPK ini tidak akan terselesaikan tanpa adanya bantuan dan masukan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang tidak terkira atas semangat dan perhatiannya kepada yang terhormat :
      1.  1.  Bapak Media Sucahya, Drs selaku Ketua STIKOM Wangsa Jaya Banten yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan KKPK.
                  2.    Ibu Hj. Dewi Widowati, Dra., M.Si selaku Dosen Wali Konsentrasi Public Relations yang tidak pernah bosan memberikan semangat kepada penulis.
      3.       3.    Ibu Rahmi Mulyasih, S.Sos., M.Si selaku Dosen Pembimbing KKPK yang telah memberikan pengarahan kepada penulis selama proses penyusunan laporan ini.
      4.       4.     Seluruh Dosen STIKOM WJB Konsentrasi Public Relations yang telah memberikan wawasan kepada penulis selama mengikuti perkuliahan.
      5.         5.   Bapak Direktur dr. Budi Setiawan, MARS selaku Pembimbing di RS. Sari Asih Serang yang senantiasa berbaik hati membantu penulis dalam melengkapi data dan informasi untuk penyelesaian laporan ini.
      6.        6.    Seluruh Staf maupun karyawan RS. Sari Asih Serang “Mas Dudi Rukmansyah, Bapak Hidayatullah, Mas Ahmad Ikmal, dr. Setiagung AB dan Mba Nining” yang turut membantu dengan penuh kesabaran hati kepada penulis selama melakukan kegiatan KKPK.
      7.       7.    Kedua Orang Tua penulis yang tercinta Ayahanda (Alm) “Abdul Malik Yahya”, Ibunda “Siti Sopiah”, Adik “Meutia Haniah Yahya” serta seluruh keluarga besar atas do’a, semangat dan motivasi baik secara moril maupun materil sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan ini.
      8.       8.   Kekasih Hati “Rezkiana” yang setia menemani dan selalu memberikan semangat yang luar biasa kepada penulis untuk menyelesaikan proses kegiatan KKPK dan penyusuan laporan ini.
      9.         9.   Sahabat seperjuangan Konsentrasi Public Relations “Rosalinna, Dita, Weni, Farroh, Fitri” dan Konsentrasi Jurnalistik “Maria, Nining, Arif, Tb. Zaelani, Dina” terima kasih untuk dukungan dan persahabatan yang tak terlupakan.
  10.     10.    Dan semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan serta masukan kepada penulis.

            Penulis menyadari dalam hasil laporan KKPK ini banyak terdapat kekurangan dan belum sepenuhnya sempurna karena mengingat terbatasnya waktu, pengetahuan serta pengalaman dan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan kata dalam penulisan maka dengan segala kerendahan hati dan tangan terbuka penulis mengharapkan berbagai kritik serta saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan hasil laporan ini. Semoga laporan ini khususnya bermanfaat untuk pribadi penulis dan bagi para pembaca pada umumnya.

            Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
            

                                                                                                Serang, Oktober 2012
                                                                                                Penulis,
                                    

                                                                                                (Meutia Fitri Yahya)


Tugas Membuat Press Release

 MFiY WO Beri Kejutan Para Janda Dan Duda

            Serang, Selasa (02/10/2012) MFiY Wedding Organizer memberikan kejutan kepada Single Parent, Janda atau Duda yang menggunakan jasa WO kami dengan penawaran promo sale bertajuk “The Elegant House Party” yang sangat boombastis selama bulan oktober. Acara promo tersebut berlangsung selama sebulan penuh di bulan oktober, pelanggan yang berhak mendapatkan promo adalah kedua pasangan atau salah satu pasangan pengantin yang berstatus sebelumnya sebagai single parent. Dengan melengkapi formulir pendaftaran dan bersedia mendapatkan kejutan untuk memeriahkan pesta pernikahan yang berlangsung dirumah pengantin. Promo ini sangat menarik minat masyarakat yang khususnya berstatus single parent yang ingin meramaikan pesta pernikahan yang tidak seperti biasanya di rumah pengantin. Hal tersebut dibuktikannya dengan jumlah total peserta yang mendaftar 100 orang, sesuai dengan perjanjian dalam formulir bahwa kejutan tidak akan diberitahukan oleh pihal MFiY Wedding Organizer. Namun pihak kami sedikit memberikaan pilihan bahwa kejutan yang akan diberikan berupa 100 souvenir cantik, 100 paket bunga pernikahan, 100 paket catering, 5 paket busana pengantin istimewa, 1 paket hiburan pesta pernikahan (alat band, bintang tamu/penyanyi, sulap, sawer, adat tradisional), dan 3 paket bulan madu istimewa di Anyer, Carita, Pulau Umang selama satu minggu. Acara Promo ini berlangsung sangat menyenangkan dan memuaskan, serta di sambut dengan antusias oleh para peserta seperti Nyonya Shinta mengatakan “promo ini sangat berani, menarik dan bagus. Paket pilihan kejutan nya keren-keren, saya jadi tidak sabar untuk segera melangsungkan pernikahan kedua saya ini” bicaranya sambil tertawa malu. “Promo ini diberikan secara gratis tanpa di pungut biaya apapun dan juga mendapatkan kartu sebagai pelanggan sehingga akan mendapatkan diskon bila menggunakan jasa MFiY Wedding Organizer yang berlokasi di Jendral Sudirman No. 1 – 3 Kota Serang” ungkap Meutia Fitri Yahya selaku Presiden Direktur MFiY Wedding Organizer.

Minggu, 08 Januari 2012

Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi

"E-COMMERCE"

Tentu anda sudah merasa tidak asing lagi bila mendengar kata e-commerce bukan ? ya, melihat kemajuan teknologi saat ini membuat anda terbiasa menggunakan internet sebagai media informasi atau bahkan berkomunikasi. Banyak sekali informasi yang bisa anda peroleh melalui internet, dari masalah perekonomian, hukum, sosial, kebudayaan, keamanan hingga mungkin hal-hal yang lebih intim lagi. Dan di internet pun anda dapat membuka peluang usaha dengan berdagang, nah dengan cara seperti itulah yang disebut e-commerce. namun bila dilihat dari awal mula nya e-commerce sebenarnya bukan diperuntukkan sebagai kegiatan berbisnis, pada tahun 1970an Amerika membuat suatu penelitian yaitu e-commerce untuk mengawasi kegiatan agensi-agensi militer pemerintahan. Lalu 3thn kemudian penelitian tersebut berkembang hingga ke bidang pendidik, tujuan nya sebagai jaringan antar universitas di Amerika. Dan terus menerus berkembang hingga dipergunakan oleh dunia. sedangkan e-commerce masuk ke Indonesia tahun 1990an, pada saat itu tidak banyak yang mengetahui dan mempergunakan internet untuk kegiatan berbisnis, pertama kalinya yang melakukan e-commerce di Indonesia adalah toko buku, alat elektronik dan komunikasi (handphone). namun tahun 2000an e-commerce menjadi booming bahkan trend di kalangan masyarakat Indonesia hingga barang dagangan yang diperjual-belikan lebih meluas dari pakaian, tas, kosmetik sampai ke perhiasan. dan untuk lebih jelas lagi baiknya anda mengetahui materi seputar e-commerce, berikut adalah teori nya :

A. Definisi E-Commerce 
   E-commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan suatu proses kegiatan bertransaksi bisnis (menjual, membeli, membayar dan mengirim) barang atau informasi yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui peralatan elektronik.

Menurut Kalakota dan Whinston (1997) e-commerce dapat ditinjau dalam 4 perspektif :
1. Perspektif komunikasi, adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
2. Perspektif proses bisnis, adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
3. Perspektif layanan, merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
4. Perspektif online, menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.

B. Jenis-Jenis E-Commerce
Kegiatan E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya :
1. Business to Business, karakteristiknya :
• Trading partners (mitra dagang) yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung formal (seperti member).
• Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang tersedia dan telah disepakati bersama.
• Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
• Model yang umum digunakan adalah peer to peer (saling mengamati), di mana transaksi bisnis dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis (Produsen => Distributor) atau (Produsen => Konsumen)
# contoh : Multi Level Marketing (Oriflame, Shopie Paris)

2. Business to Consumer, karakteristiknya :
• Servis yang digunakan bersifat umum dan terbuka, sehingga informasi disebarkan secara umum yang dapat digunakan oleh orang banyak.
• Pelayanan yang digunakan berdasarkan permintaan.
• Sistim yang sering digunakan ialah pendekatan client-server.
# contoh : online shop, home shop

C. Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
* Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce yaitu dapat lebih efektif dan efisien dalam bertransaksi bisnis untuk meningkatkan keuntungan.
* Sedangkan bagi konsumen yang melakukan transaksi bisnis dengan menggunakan e-commerce agar berbelanja lebih efektif dan efesien, namun selain itu konsumen pun memiliki sensasi kepuasan tersendiri yang berbeda dan tidak di dapat dari bertransaksi bisnis lainnya.

D. Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
a. Ketersediaan serta kelengkapan informasi produk dan harga dapat diakses dengan cepat dan mudah oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
b. Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen :
jarak dan waktu relatif lebih pendek, sehingga perusahaan dapat bertransaksi dengan rekan bisnis dimanapun dan kapanpun dan melayani konsumen lebih cepat.
c. Produsen dapat memilih tempat untuk memproduksi dan melayani konsumen tidak tergantung dimana konsumen itu berada. Dan Perusahaan yang berada di negara yang berpendapatan rendah dapat mengakses informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.
d. Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan logistik secara online dan otomatis.
e. Mengurangi biaya promosi dengan adanya sarana pengiklanan secara gratis melalui online.

E. Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)
Threats merupakan kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan dan merugikan bagi produsen atau konsumen. Beberapa ancaman yang mungkin terjadi :
• Gangguan Hacker (penggunaan online shop)
• Gangguan Cuaca yang berakibat pada signal (penggunaan home shop)
• Penipuan atau Kecurangan oleh pihak yang tidak diketahui identitasnya. 


ok mungkin itu saja yang dapat saya berikan pada anda, jangan lupa komennya yah, trims :)