Jumat, 11 November 2011

Materi Pengantar Psikologi

"Definisi psikologi menurut para ahli"

Menurut Crow & Crow : Pschycology is the study of human behavior and human relationship. (Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

Menurut Sartain : Psychology is the scientific study of the behavior of living organism,with especial attention given to human behavior. (Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia).

Menurut Bruno (1987) : Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “ruh”. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Ketiga, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.

Menurut Chaplin (1972) dalam Dictionary of psychology Psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.

Ensiklopedia Pendidikan, Poerbakawatja dan Harahap (1981) Psikologi sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan – kegiatan jiwa.

Menurut Richard Mayer (1981) : Psikologi merupakan analisi mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

QUANTUM LEARNINGQuantum Learning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov, seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai
 “ Suggestology” atau “Suggestopedia”.
Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar dan setiap detail apapun memberikan sugesti positif ataupun negatif.
Quatum Learning adalah seperangkat metode dan falsafah belajar yang terbukti efektif untuk semua umur

PROGRAM NEUROLINGUISTIKQuantum Learning mencakup aspek-aspek penting dalam program neurolinguistik
( NLP ), yaitu penelitian tentang bagaimana otak mengatur informasi.
Program ini meneliti hubungan antara bahasa dan perilaku dan dapat digunakan untuk menciptakan jalinan pengertian antara siswa dan guru.
Para pendidik dengan pengetahuan NLP mengetahui bagaimana menggunakan bahasa yang positif untuk meningkatkan tindakan-tindakan positif untuk merangsang fungsi otak yang paling efektif. Semua ini dapat pula menunjukan menyiptakan gaya belajar terbaik dari setiap orang dan menciptakan “pegangan” dari saat-saat keberhasialan yang meyakinkan.

MODALITAS BELAJARVisual : Belajar dengan cara melihat
Auditorial : Belajar dengan cara mendengar
Kinestetik : Belajar dengan cara bergerak, bekerja, dan menyentuh

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI QUANTUM LEARNINGLingkungan : 
Positif, Aman, mendukung, Santai, Penjelajahan, Menggembirakan

Suasana :
Nyaman, Cukup penerangang, Enak dipandang, Ada musiknya

Fisik :
Gerakan, Terobosan, Perubahan, Keadaan, Permainan-permainan, Fisiologi, Partisipasi

Manfaat Quantum Learning
•    Sikap positif
•    Motivasi
•    Keterampilan belajar seumur hidup
•    Kepercayaan diri
•    Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar