Jumat, 11 November 2011

Materi Pengantar Public Relations

"LANDASAN TEORI"

A.    Definisi-Definisi Public Relations
  •     Frank Jefkins
PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
  •     Meksiko (The Mexican Statement)
PR adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial yang menganalisis berbagai kecenderungan, memperkirakan setiap kemungkinan konsekuensinya, memberi masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi, serta menerapkan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi dan kepentingan khalayaknya.
  •     British Institute of Public Relations (IPR)
PR adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik (good will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.
  •     J.H. Wright
PR yang modern adalah suatu rencana tentang kebijaksanaan dan kepemimpinan yang akan menanamkan kepercayaan publik dan menambah pengertian mereka.
  •     J.C. Seidel
PR adalah membagi aspek Public Relations menjadi dua yaitu internal dan eksternal.



B.    Tugas Dan Tujuan Public Relations
Pada intinya, PR senantiasa berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan muncul perubahan yang berdampak. Dengan demikian, PR suatu bentuk komunikasi yang berlaku untuk semua jenis organisasi, baik itu yang bersifat komersial maupun non-komersial, di sektor publik (pemerintah) maupun privat (pihak swasta).

Tugas Public Relations antara lain yaitu:
  • Menganalisis keinginan dan kepentingan publik
  • Menerjemahkan kebijakan manajemen atau perusahaan kepada publik
  • Menciptakan penerimaan dan goodwill publik terhadap perusahaan

Dan tujuan Public Relations adalah :
  •     Menciptakan citra yang positif (baik)
  •     Menghasilkan opini publik yang favourable (positif)
  •     Mengadakan kerja sama yang saling menguntungkan

C.    Pencitraan
  •     Pengertian Citra (Image)
Citra adalah Gambaran yang dimiliki orang banyak atau khalayak, baik itu mengenai pribadi seseorang, perusahaan, organisasi atau suatu produk dan jasa.
  •     Jenis-jenis Citra
# Mirror Image (Citra bayangan)
Citra yang dianut oleh pihak internal mengenai pihak eksternal terhadap organisasinya.
# Current Image (Citra yang berlaku)
Citra yang melekat pada pihak-pihak luar mengenai suatu organisasi.
# Wish Image (Citra yang diharapkan)
    Citra yang diinginkan oleh pihak lembaga atau perusahaan.

  •     Citra Perusahaan
Ada pula yang menyebutkannya sebagai citra lembaga, yaitu citra dari organisasi secara keseluruhan. Jadi bukan sekedar citra atas produk dan pelayanannya. Citra perusahaan dapat terbentuk dari sejarah atau riwayat hidup perusahaan yang gemilang, kebersihan dan stabilitas di bidang keuangan, kualitas produk atau jasa, hubungan industri yang baik, dan sebagainya. Suatu citra perusahaan yang positif, jelas menunjang usaha PR keuangan. Sebagai contoh, suatu badan usaha yang memiliki citra perusahaan positif, pasti akan lebih mudah menjual sahamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar